Hasil Penelitian Uncen Di Mimika Terbukti Ada Sedimentasi Yang Signifikan

Friday, 27 February 2009

JUBI— Hasil penelitian dampak lingkungan di Kabupaten Mimika, Sebuah Studi Kasus di Muara Ajikwa, Tipoeka dan Minajerwi yang dilaksanakan oleh Universitas Cenderawasih (Uncen) sejak November 2008, terbukti ditemukan sedimentasi yang signifikan.

Demikian dikatakan Ketua Lembaga Penelitian Uncen, Ferdinan SD kepada wartawan di Aula FKIP Uncen, Jayapura, Jumat (27/2).

Dikatakannya, yang menjadi latarbelakang dilakukannya penelitian di tiga wilayah tersebut adalah telah terjadi sedimentasi yang semakin tinggi.

“Kami dari Uncen ingin membuktikan apakah hal itu benar terjadi. Kemudian muncul persoalan seperti rusaknya ekosistem disana, kita juga ingin membuktikan apakah itu benar atau tidak,” ujar Ferdinan.

Ditambahkannya, hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan solusi terbaik untuk tiga muara itu. “Dari hasil penelitian kami, bahwa memang benar telah terjadi sedimentasi yang tinggi pada muara tersebut,” jelas Ferdinan.

Sedimentasi yang terjadi telah diteliti oleh tim peneliti. Laporannya bahkan telah dimasukkan ke pihak terkait. “Melalui forum ini, saatnya kita saling memberikan masukan, namun ternyata belum bisa dilakukan karena ada penundaan waktu,” katanya.(Yunus Paelo)

Exit mobile version