Massa Anti Freeport Beringas

Rabu, 25 Juni 2008

http://www.papuapos.com, Jakarta– Selain memacetkan Jalan HR Rasuna Said, seribuan demonstran PT Freeport juga menarik-narik pintu gerbang Plaza 89. Akibatnya, pagar setinggi dua meter itu roboh.

Semakin lama, aksi massa pun semakin beringas. Polisi yang berjaga di lokasi demo pun nyaris tak bisa berbuat apa-apa. Mereka hanya membatasi pintu gerbang dengan tali warna putih.

Setelah sempat mengecam polisi dengan kata-kata kasar, para demonstran melanjutkan aksinya ke Gedung DPR, Senayan. Hingga pukul 12.00 WIB, Jl HR Rasuna Said dari Menteng arah Mampang macet total. Sementara arus sebaliknya bisa dilalui.

Massa sempat terlibat bentrok dengan petugas keamanan gedung saat pengunjuk rasa mencoret-coret aspal di jalan raya dengan pilok. Namun ketegangan mereda setelah dilerai oleh massa yang lain.

Seribuan massa dari Tali Geni yang hendak berdemo di kantor Freeport di Plaza 89 memenuhi jalur cepat Jl HR Rasuna Said arah Mampang, Jaksel. Akibatnya lalu lintas pun macet total, Selasa (24/6) sekitar pukul 11.20 WIB, massa Tali Geni telah sampai di depan Kedubes Australia. Sambil melambai-lambaikan bendera, mereka terus berteriak mengecam polisi.

Karena tak bisa melintas, banyak mobil yang beralih ke jalur lambat. Akibatnya, jalur itu menjadi sangat tersendat.30 Polisi sudah berjaga di depan Plaza 89 untuk mengantisipasi aksi massa. Sebelumnya, massa Tali Geni berangkat dari Tugu Proklamasi dan long march menuju Freeport.**

Exit mobile version