Soal Papua, Amien Rais Ingatkan Peristiwa Bubar Uni Soviet

Jakarta, CNN Indonesia — Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais mengingatkan Presiden Joko Widodo untuk tidak menyepelekan persoalan yang terjadi di Papua dan Papua Barat. Ia mengingatkan peristiwa bubarnya Uni Soviet dan Yugoslavia karena tak bisa menjaga wilayah.

“Jangan diremehkan sama sekali. Ini pesan saya,” kata Amien Rais di selah acara hari ulang tahun (HUT) ke-21 PAN di Pluit, Jumat (23/8).

Amien menyinggung gerakan United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) atau gerakan pembebasan Papua Barat yang telah mengagendakan agar referendum disidangkan di Majelis Umum pada Desember tahun ini.

“Jadi hati-hati jangan anggap remeh,” kata Amien.
Lihat juga:Polda Papua Barat Tangkap Tiga Tersangka Rusuh Manokwari
Dalam kesempatan itu Amien kembali menyinggung sebutan ‘monyet’ yang diketahui disebutkan oleh salah satu oknum TNI kepada mahasiswa Papua di Surabaya. Meski begitu, Amien mengaku tak mau menyalahkan pihak manapun terkait persoalan ini.

Terpenting, kata, dia, Presiden Jokowi jangan sampai terlambat menangani persoalan dan gejolak yang saat ini terjadi di Papua. Jangan sampai, kata Amien, istilah nasi menjadi bubur terjadi dalam persoalan Papua ini.

Amien bahkan menyinggung beberapa negara besar yang saat ini tak ada lagi eksistensinya lantaran tak bisa menjaga wilayah. Amien mengatakan, sebesar apapun negaranya, sekuat apapun ekonomi dan militernya, negara tetap bisa runtuh hanya dalam tempo hitungan bulan bahkan minggu.

“Jadi dulu kita melihat tahun 89 ada USSR (Union of Soviet Socialist Republics/Uni Soviet). Negara super power yang setara Amerika kemudian sekarang sudah bubar enggak ada lagi. Yugoslavia negara kuat, paling kuat paling makmur enggak ada lagi sudah bubar,” kata.

Amien juga meminta pendekatan pemerintah menghadapi persoalan Papua juga dicermati betul.

“Pendekatan yang bukan hanya security approach, bukan tapi betul-betul multidimensional,” kata dia.

Lihat juga:Amien Rais: Ketum Bisiki Saya, PAN Pasti Tak Ikut Kabinet

Baca artikel CNN Indonesia “Soal Papua, Amien Rais Ingatkan Peristiwa Bubar Uni Soviet” selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190823170724-20-424140/soal-papua-amien-rais-ingatkan-peristiwa-bubar-uni-soviet.

Download Apps CNN Indonesia sekarang https://app.cnnindonesia.com/

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190823170724-20-424140/soal-papua-amien-rais-ingatkan-peristiwa-bubar-uni-soviet.

Exit mobile version