Pemohon West Papua berusia delapan tahun

Daily Post (vu) | 27 Januari 2023

Lebih dari satu juta orang West Papua berdiri di belakang ‘bocah’ muda dari West Papua [ULMWP, red] yang lahir di pintu masuk Malvatumauri Nakamal delapan tahun lalu. Sekarang dia memohon untuk diterima di Melanesian Spearhead Group (MSG).
Presiden Sementara Benny Wenda memimpin delegasi tiga orang kepada Presiden Dewan Kepala Nasional Malvatumauri, Ketua Willie Plasua, kemarin untuk memohon kepadanya agar menggunakan jaringan tradisionalnya untuk memungkinkan ‘bocah’ itu menjadi anggota penuh MSG dan tidak terus duduk di pagar sebagai “pengamat” tanpa kekuatan hukum untuk mengambil bagian dalam proses pengambilan keputusan resmi Organisasi Melanesia.
Berbicara untuk Presiden Sementara, Wakil Menteri Luar Negeri Pemerintah Sementara West Papua, Morris Kaloran menjelaskan, “Sebagai Presiden Malvatumauri (Chief Willie Plasua), Anda menyadari kelahiran ‘bayi’ bernama United Liberation Movement of West Papua ( ULMWP) delapan tahun yang lalu, yang disaksikan oleh pejabat setempat dan daerah serta ditandai dengan penanaman pohon namele yang masih tumbuh di pintu masuk Nakamal Anda hingga saat ini”.
Terlepas dari sikap umum Vanuatu sekarang yang pertama kali disuarakan oleh Perdana Menteri Vanuatu saat itu, almarhum Pastor Walter Lini, yang mengatakan, “Selama West Papua dan Kanaky di Kaledonia Baru tidak bebas maka meskipun Vanuatu adalah negara berdaulat, itu akan tidak benar-benar bebas sampai seluruh Melanesia benar-benar bebas dari kolonialisme”.
Sekarang lebih dari 40 tahun kemudian Presiden Sementara ULMWP, Benny Wenda, telah tiba di Kantornya di seberang Crow’s Nest dari London untuk mengingatkan Malvatumauri, Dewan Kristen Vanuatu, Sekretariat MSG serta Otoritas Pemerintah terkait, untuk mengakui hak ULMWP untuk ditawarkan tempat yang selayaknya di MSG.
Sebagai tanggapan, Presiden Malvatumauri dan Kepala Eksekutifnya, Jean Pierre, keduanya setuju untuk bekerja sama dengan otoritas terkait untuk memfasilitasi Permohonan ULMWP untuk keanggotaan penuh MSG.
Mereka juga mencatat semua aplikasi yang gagal sampai saat ini dan menunjukkan bahwa ada cara lain untuk mengeksplorasi untuk memastikan bahwa aplikasi saat ini diterima.
“Bocah itu masih berjuang di luar organisasi resmi MSG setelah upaya pertamanya memasuki MSG pada 2013 tetapi ditolak. Ditolak lagi di tahun 2017 dan lagi di tahun 2019 sementara orang yang seharusnya ditolak masuk MSG tetap menjadi Associate Member. Inilah Indonesia”, kata Kaloran.
Dia memegang jabatannya di ULMWP dengan komitmen karena dia telah berjuang di West Papua selama 23 tahun terakhir.
“Presiden Malvatumauri, meskipun tampaknya sulit untuk mengakui ULMWP di sini di Melanesia, ‘bocah’ ini diakui secara internasional oleh 83 negara Asia Karibia Pasifik”, kata Kaloran.
“Jadi di sini kami bersama Anda di Kantor tinggi Anda mencari bantuan Anda untuk menemukan cara terbaik agar ‘anak laki-laki’ itu diterima di tempat yang selayaknya di MSG”.
Sebagai kesimpulan dia mengingatkan Malvatumauri bahwa semua anggota Pemerintah Vanuatu adalah anak-anaknya, oleh karena itu, berhak untuk memberitahu Pemerintah untuk mengabulkan keinginan ‘anak laki-laki’ itu untuk menjadi anggota penuh MSG.
____
(https://www.dailypost.vu/…/article_95b593c6-1039-57bc…)
Exit mobile version