Kapolda Yakin, Pelaku Penembakan Segera Terungkap

JAYAPURA-Serangkaian kasus penembakan yang diawali kasus pembakaran yang terjadi di area obyek vital nasional PT Freeport Indonesia, Tembagapura, Timika, Kabupaten Mimika yang terjadi sejak pertengahan Juli hingga September 2009 ini masih terus menjadi perhatian serius aparat keamanan dan dalam hal ini Kapolda Papua meyakini pelakunya akan segera terungkap.

Keyakinan ini disampaikan Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. FX. Bagus Ekodanto kepada wartawan di RM Borobudur di sela-sela buka puasa bersama dengan insan pers di Kota Jayapura, Kamis (17/9).

“Untuk kasus pembakaran dan serangkaian penembakan di Freeport itu, sebentar lagi mungkin pelakunya akan kita ungkap,” kata Kapolda Bagus Ekodanto didampingi Kabid Humas Kombes Pol Drs. Agus Rianto.

Kapolda menegaskan, para pelaku penembakan di area PT Freeport Indonesia ini diperkirakan ada 6 orang dari warga sipil dan saat ini masih dilakukan pengejaran.
Ditanya indikasi keterlibatan kelompok lain dalam serangkaian penembakan di Freeport itu? Kapolda mengakui belum mengetahui secara pasti. “Kami belum tahu, soal keterlibatan kelompok lain dalam kasus penembakan itu,” ungkapnya.

Soal motif penembakan di area obyek vital nasional itu, Kapolda mengatakan bahwa pada intinya yang diperoleh aparat kepolisian adalah pelaku berkeinginan agar PT Freeport Indonesia tutup atau tidak beroperasi lagi.

Hanya saja, lanjut Kapolda, pihaknya sudah melakukan upaya pendekatan dengan serikat buruh, karyawan, Komnas HAM dan dampaknya para karyawan tidak terpengaruh dengan adanya kasus penembakan di area PT Freeport Indonesia tersebut. Apalagi, karyawan sudah mengerti dan bersama-sama untuk melawan teror yang dilakukan oleh kelompok bersenjata tersebut.

Kapolda mengatakan, dari TNI sudah ada penambahan 600 personel dan saat ini tinggal surat perpanjangan saja, yang didatangkan dari Papua, sedangkan dari Polri didatangkan dari luar Papua.

Untuk pengamanan di Area PT Freeport Indonesia ini, jelas Kapolda, dilakukan di sepanjang mile, yang telah dibagi tugas dengan TNI. “Sebetulnya aktivitas dan mobilitas karyawan seperti biasa. Ya, jika ada kejadian, kadang-kadang manajemen menghentikan sementara, ya berhenti. Tapi, aparat tetap mengamankan mobilitas baik personel, handak dan logistik setiap hari tetap berjalan,” ujarnya.

Soal mile yang dianggap paling rawan, Kapolda mengakui bahwa kejadian itu selalu berubah-ubah tempatnya, hanya saja biasanya antara mile 41 dan mile 42, serta terakhir di Kali Kopi yang berada di luar Tembagapura.

Ditanya adanya informasi anggota TNI yang tertembak? Kapolda mengakui tidak ada, bahkan Kapolda balik menanyakan hal itu kepada wartawan. “Gak ada itu. Dari mana infonya,” tandas Kapolda.

Sementara dalam ceramah buka puasa yang disampaikan oleh Ustadz H. Muhammad Soleh antara lain mengatakan, setiap orang harus bisa mengendalikan hawa nafsunya. Sebab orang biasanya kalau diuji dengan harta masih belum goyah, tetapi ketika diuji dengan hawa nafsu, misalnya wanita, maka biasanya akan jatuh. “Hawa nafsu itu akan menyurut kepada kejahatan, karena itu waspadalah,” tegas ustadz mengingatkan.
Acara buka bersama ini juga dihadiri Wakapolda Papua Brigjen Pol. Drs. Achmad Riadi Koni,SH dan para pejabat teras Polda Papua lainnya. (bat/fud)

Exit mobile version