Penderita HIV/AIDS Capai 208 Kasus

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, dr Esterlina Ayomi M.Kes mengatakan, dari fasilitas Voluntary Counseling and Testing (VCT) yang sudah dioperasikan di 12 Puskesmas di i 19 Distrik di Kabupaten Jayapura, menunjukkan peningkatan jumlah penderita HIV/AIDS.

Dimana hingga Juni 2008 untuk HIV 100 kasus dan AIDS 108 kasus, hingga total keseluruhan capai 208 kasus.

Jumlah tersebut meningkat karena kesadaran masyarakat untuk memeriksakan diri semakin banyak.Ini diungkapkan Esterlina saat ditemui di Aula Cipta Karya, Rabu (6/8).Menurutnya angka tersebut dipastikan akan meningkat seiring dengan akan dilengkapinya perlengkapan VCT di 17 Puskesmas diseluruh Kabupaten Jayapura.

“Inidikasi akan bertambah memang cukup signifikan namun kami berharap suatu saat angka tersebut akan menurun,” ujar Esterlina memaparkan.Dari 19 distrik yang ada, menurut Esterlina saat ini daerah yang mendominasi adalah Distrik Sentani Kota, Sentani Timur, Kaureh dan Kemtuk.

Diakui saat ini masih banyak penderita yang belum tercover disebabkan kesadaran untuk memeriksakan diri maupun fasilitas VCT yang belum sampai ke kampungnya dan menjawab persoalan ini pihaknya mencoba menurunkan mobile klinik yang beroperasi ke kampung-kampung.

Mengani penyebab utamanya sendiri, Esterlina menjelaskan bahwa seks merupakan penyebab utama saat ini ironisnya lagi yang mengidap justru mereka yang sedang dalam usia produktif sehingga dikatakan pemahaman masyarakat untuk menjauhi penyakit ini perlu dipreasure kembali.

Cara yang baik adalah menjauhi seks bebas ataupun menggunakan kondom saat melakukan hubungan seks dengan demikian secara pribadi yang bersangkutan sudah melakukan pengamanan pada diri sendiri.(ade)

Exit mobile version