Interpol Hapus Benny Wenda Dari Daftar Buronan

ayapura, (7/8)---Benny Wenda, akhirnya mendapatkan keadilan setelah dirinya dikeluarkan dari daftar buronan interpol. Ini merupakan kemenang moral bagi aktivis pro kemerdekaan Papua sekaligus kegalauan bagi diplomasi internasional Indonesia.

Situs berita BBC (6/8) memberitakan bahwa Benny Wenda, seorang Papua yang diberi suaka oleh Pemerintah Inggris yang tinggal di Oxford telah dihapus dari daftar buronan interpol itu.

Benny Wenda sebelumnya diburu oleh interpol atas laporan pemerintah Indonesia yang menginginkan ia ditangkap dan diextradisi untuk diadili atas tuduhan pembunuhan, pembakaran dan penyerangan terhadap kantor polisi di Papua.

Saat itu, Billy Wibisono, sekretaris bidang informasi dan sosial budaya Kedubes Indonesia di Inggris menyatakan Benny Wenda dan beberapa rekannya terlibat dalam penyerangan pos polisi di Abepura pada tanggal 7 Desember 2000 yang menyebabkan beberapa orang tewas dan kerusakan di kantor polisi tersebut.

Tuduhan ini dilemparkan pada Benny Wenda, sebelum ia mendapatkan suaka dari pemerintah Inggris pada tahun 2002 setelah mendengar tuduhan Benny Wenda dianiaya oleh pemerintah Indonesia.

Setelah sempat memburu Benny Wenda atas tuduhan pemerintah Indonesia tersebut, pihak Interpol akhirnya memutuskan bahwa kasus Benny Wenda adalah kasus politik, bukan kriminal atau kejahatan kemanusiaan.

Dalam sebuah surat kepada Fair Trials International, yang telah berkampanye untuk Benny Wenda, Komisi Pengawasan File Interpol (Commission for the Control of Interpol's Files) mengatakan bahwa kasus Benny Wenda telah dihapus dari daftar buronan Interpol.

"Setelah kembali memeriksa semua informasi yang tersedia untuk itu ... Komisi akhirnya menilai bahwa kasus terhadap klien Anda adalah masalah politik biasa," kata surat dari Komisi Pengawasan File Interpol sebagaimana dilansir BBC.

Jago Russell, kepala eksekutif Fair Trials International, mengatakan kepada BBC, "Kami sangat senang bahwa Interpol kini telah menyadari kesalahan ini.Tetapi pengamanan diperlukan untuk menghentikan negara lain menyalahgunakan Interpol dan menghancurkan hidup dan reputasi dalam sebuah proses." (Jubi/Victor Mambor)

» ⟩ More and Related News

» ⟩ 5 Previous Entries Category: Wawancara
   
» ⟩ 5 More from Related Category: Uncategorized
   
» ⟩ 5 More Tagged:
  • No related posts found
   

6 responses to “Interpol Hapus Benny Wenda Dari Daftar Buronan”

  1. Kebenaran walaupun di-injak,di-rantai dan di-bekuk akan keluar di alam kebebeasan sebagai pemenang yang kokoh

    Ignatius

  2. Kebenaran berpihak kepada orang membela keadilan dgn suatu keyakinan yg pasti dgn dianggap benar, tak mustahil bagi Tuhan…

  3. kebenaran bisa disalahkan tapi kebenaran tdk bisa dikalahkan hidup nayak beni wenda papua akan merdeka selangkah lagi.God bless papua people.

  4. keadilan harus di tegakkan untuk kami warga papua dimana saja kami berada….

  5. indonesia sengaja tdk mau membuka Dialog papua krn malu dan takut terhadap dunia kalo masalah papua akan terungkap lebi jelas.krn kita bangsa Papua bertindak atas kebenaran,keadilan dari fakta yg nyata sejak indonesia masuk mengusir belanda dan menduduki Tanah papu.
    Dan malu dn taku krn kasus yg selama ini terjadi di papua adalah rahasia dn undang-undang kusus TNI/POLRI Yang sekarang orang pepua bilang TERORIS PAPUA

Leave a Reply