Ribuan Jiwa Belum Diketahui Nasibnya

Jalan Menuju Distrik Angkaisera yang terputus, akhirnya akses ke tiga Kampung Terputus totalSERUI—Hingga hari ke delapan, pasca gempa tektonik berkekuatan 7,1 SR, yang mengguncang Kabupaten Yapen, ribuan jiwa di tiga kampung yang terletak di dua distrik belum diketahui nasibnya. Pasalnya lokasi tersebut sampai saat ini masih terisolir sehingga belum terjangkau pelayanan. Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen, Yotam Ayomi di Distrik Ampimao, Kamis (24/6) kemarin menjelaskan, tiga kampung yang belum terjangkau pelayanan distribusi bantuan gempa adalah kampung- kampung Ambaidiru dan kampung Mambor di Distrik Yapen Selatan, sedangkan kampung Notabui di Distrik Yapen Barat.“Untuk kampung Notabui ini sudah bisa kami jangkau dengan jalan kaki, namun distribusi bantuan yang belum bisa dilakukan, karena medan yang sulit serta jarak tempuh yang cukup jauh,” sebut Ayomi. Oleh karena itu, kata Ayomi, pemerintah kabupaten Kepulauan Yapen membuka diri kepada Pemerintah Daerah di kabupaten/kota di Provinsi Papua dan Papua Barat maupun corporete (perusahaan) terkait dengan pendistribusian bantuan lewat udara. “Akses jalan ke tiga kampung itu terputus, dengan demikian kami sudah mencoba menghubungi pihak-pihak yang mempunyai helikopter namun belum bisa terjawab dan dari hasil koordinasi kami ke Biak serta PT Freeport, helikopter mereka rusak,” jelas Ayomi.

“Kami membuka diri kepada saudara-saudara kami di Papua dan Papua Barat agar bisa membantu kami, karena jalan satu-satunya adalah lewat udara, tidak ada jalan lain lagi,” ungkapnya.

Wagub Alex Hesegem yang dikonfirmasi terkait dengan nasib ribuan jiwa di tiga kampung yang belum mendapatkan bantuan hingga hari ke delapan pasca gempa Yapen, tidak dapat memberikan kepastian. Wagub hanya mengatakan bahwa sementara ini pemerintah Provinsi Papua sedang melakukan berbagai upaya untuk bisa menjangkau tiga kampung yang terisolir tersebut.”Kami sedang berusaha, dan mungkin satu atau dua hari ke depan sudah ada helikopter yang bisa dipakai untuk mendrop bantuan ke sana,” tandas Wagub. (hen)

Exit mobile version