Warga Nabire Palang Lapangan Terbang

Jayapura, (tvOne)

Ratusan warga masyrakat Kabupaten Nabire, Provinsi Papua sejak Pkl.06.00 WIT memalang lapangan terbang (Lapter) Nabire dan hingga kini mereka masih menduduki lapangan terbang itu.

Dari Jayapura, Rabu, ANTARA melaporkan, masyarakat Nabire yang dipimpin salah seorang tokoh masyarakat, Jhon Gobai menduduki lapangan terbang itu dengan tujuan agar penerbangan Helikopter menuju wilayah penambangan tradisional di Kabupaten Paniai dibatalkan.

“Kami memimpin warga Nabire untuk menduduki lapangan terbang ini dalam rangka mengamankan instruksi Bupati Paniai Drs Naftali Yogi yang isinya melarang helikopter mengangkut peralatan berat seperti excavator ke wilayah penambangan tradisional di Kabupaten Paniai,” kata John Gobay. Biasanya, semua peralatan berat yang dibawa ke lokasi penambangan tradisional di wilayah Paniai harus melalui lapangan terbang Nabire.

Dia mengatakan, pada 27 Agustus 2009, Bupati Paniai mengeluarkan instruksi Bupati yang isinya melarang peralatan berat memasuki wilayah pendulangan emas. Untuk sementara wilayah penambangan tradisional itu ditutup namun pada hari ini seorang pengusaha didukung oknum-oknum tertentu berupaya menerbangkan helikopter mengangkut satu unit excavator ke lokasi pendulangan emas di wilayah Paniai.

Setelah masyarakat mengetahui rencana tersebut, pihaknya langsung memimpin ratusan warga setempat menduduki dan memalang lapangan terbang ini sehingga helikopter yang rencananya terbang pada pagi ini membawa peralatan berat excavator batal terbang.

Dia mengakui, sampai saat ini ratusan warga Nabire masih menduduki lapangan terbang Nabire sampai ada kepastian dari pihak keamanan yang menyatakan bahwa helikopter ini tidak diterbangkan ke lokasi pendulangan emas.

“Kami tidak akan meninggalkan lapangan terbang ini sampai mendapatkan kepastian dari pihak keamanan bahwa helikopter di lapangan terbang ini tidak jadi diterbangkan dan mengusut tuntas permasalahan yang meresahkan masyarakat Nabire dan Paniai,” kata Jhon Gobai. (Ant)

Exit mobile version