Dua Gudang Tembakau Terbakar, Puluhan Juta Melayang

Eko Sujarwo – detikSurabaya

Lamongan – Nasib sial dialami Muktar, warga Desa Sido Mlangean, Kecamatan Kedungpring, Lamongan. Dua gudang pembakaran tembakau miliknya ludes dilalap si jago merah, Senin (14/9/2009).

Informasi yang dihimpun mengatakan api bermula dari gudang pembakaran tembakau pertama. Api menjalar ke gudang pembakaran tembakau lainnya yang letaknya memang
bersebelahan.

Muktar pemilik gudang mengatakan, awalnya api tidak begitu besar. Namun ketika akan dipadamkan ternyata langsung melalap semua gudang. Dia bersama karyawan gudang berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, karena yang ada di dalam gudang adalah tembakau kering sehingga api pun sulit dipadamkan.

“Api kemungkinan disebabkan oleh hawa panas dari pembakaran yang ada di dalam gudang,” tuturnya kepada detiksurabaya.com.

Dia mengatakan, akibat kebakaran, dirinya rugi hingga ratusan juta rupiah. “Bagaimana tidak mas, lha wong tembakau yang ada di dua gudang rencananya sudah mau saya jual,” ungkapnya.

Ditanya mengenai penyebab oven terbakar, dia mengaku tidak mengetahuinya tapi kemungkinan besar disebabkan hawa pembakaran yang ada di dalam gudang. Api baru bisa dipadamkan sekitar beberapa jam setelah semua gudang terbakar.

“Akibat pembakaran udara menjadi panas sedangkan angin bertiup sangat kencang, sehingga begini ini akibatnya,” ujarnya.(wln/wln)

Exit mobile version