Ban Wings Pecah Saat Mendarat di Selaparang

11/05/09 19:28

Mataram (ANTARA News) – Ban utama sebelah kiri bagian dalam pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan IW 8384, pecah saat mendarat di Bandara Selaparang Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin pukul 15.57 Wita.

Namun pendaratan pesawat dengan rute penerbangan Surabaya-Mataram yang mengangkut 166 penumpang dan awak itu tetap berjalan normal karena ban lainnya berfungsi normal.

Menurut petugas Airport Deputy Manager (ADM), Rudy, ban pesawat pecah saat mendarat dan sempat menimbulkan bunyi sehingga petugas bandara bersikap siaga.

Sesaat setelah mendarat, pesawat jenis MD-82 yang pada lambungnya bertuliskan PK-LMP itu langsung diarahkan ke apron untuk proses pergantian ban yang pecah.

Ban utama pesawat bagian kiri dalam yang pecah itu merupakan jenis `nine gear.

“Umur ban masih dalam batasan waktu penggunaan, ban itu bisa pecah mungkin karena faktor lain saat pendaratan,” ujarnya.

Rudy yakin ratusan orang penumpang di pesawat Wings Air yang mengalami ban pecah itu, tidak mengetahui insiden tersebut sehingga tidak terlihat tanda-tanda kepanikan.

“Saya kira para penumpang tidak tahu kalau ban pesawat pecah, mereka tidak panik dan terlihat normal-normal saja. Justru petugas apron di bandara yang mengetahuinya,” ujar Rudy.

Hingga kini, pesawat Wings Air itu masih berada di apron Bandara Selaparang, padahal semestinya harus kembali ke Surabaya pukul 17.30 Wita sesuai jadwal penerbangannya.

Menurut Manager Operasi (MO) PT Angkasa Pura I Bandara Selaparang, Ishak Worabae, selain pergantian ban yang pecah petugas bandara masih melakukan serangkaian pemeriksaan teknis penerbangan.

Ishak pun belum bisa memastikan waktu penerbangan lanjutan Wings Air itu.

Namun, Stasion Manager Lion Air, Indra Apriamar, membantah adanya insiden ban pecah saat pesawat Wings Air itu mendarat di Bandara Selaparang.

Namun, ketika ditanya mengapa ada pergantian ban di apron Bandara Selaparang, Indra mengatakan itu hanya pergantian ban skala biasa. (*)

COPYRIGHT

Exit mobile version