Gempa Kembali Kagetkan Warga

MANOKWARI-Sudah seminggu sejak terjadi gempa utama dengan kekuatan 7,9 SR dan 7,6 SR, hingga Minggu (11/1) wilayah Kabupaten Manokwari masih terus dilanda guncangan, meski kekuatan terus menurun. Gempa dengan guncangan sedang, Minggu pagi, pukul 07.17 WIT kembali menggelitik warga, namun tidak sampai menimbulkan kepanikan.

Data BMG (Badan Meteorologi dan Geofisika),gempa pukul 07.17 WIT berkekuatan 5,5 SR terjadi di 152 Km Barat Laut Manokwari. Pusat gempa ada di 0,45 LS-132,76 BT di kedalaman 10 Km,dan tidak berpotensi tsunami.

Seperti disampaikan Kepala Sub Bidang Informasi Dini Gempa BMG RI, Taufik Gunawan, gempa di Manokwari masih akan terjadi dengan getaran makin menurun, hingga 2-3 minggu setelah gempa utama, Minggu (4/1). Gempa yang melanda daerah sebagai akibat pergeseran lempeng Pasifik terhadap lempeng Indo Australia. ”Masih ada getaran-getaran kecil, sampai lempeng Pasifik yang aktif menemukan kedudukannya pas,”tambahnya.

Sementara itu, pasca seminggu setelah gempa utama, warga di Masni, Sidey dan sekitarnya yang dekat dengan pusat gempa belum berani tidur di dalam rumah. Gempa-gempa susulan dengan kekuatan hingga mencapai 5,5 SR masih membuat mereka wasda.”Belum berani,biar tidur di tenda saja,sampai betul-betul normal kembali,” ujar Ny Kundarini,warga Kampung Meoforga, Masni.

Selain takut,sebagian warga terpaksa tidur di rumah karena rumahnya tak layak huni akibat porak-poranda dilanda gempa. Tampak ketika memasuki Kampung Meiforga,beberapa rumah ambruk. Tenda-tenda pun menjadi pilihan. ”Ya,mau kemana lagi, rumah sudah hancur. Kita buat tenda saja,”tambah Kundarini lagi.(lm)

Exit mobile version