Thoha Al-Hamid: Ideologi Merdeka Tidak Patah Karena Peluru

Ditulis Oleh: Feri/Islami/Papos
Jumat, 17 Oktober 2008

JAYAPURA (PAPOS) -Sekretaris Jendral Dewan Presedium Papua (PDP), Thoha Al-Hamid mengatakan, ideologi masyarakat Papua untuk memerdekakan diri tidak akan patah karena peluru. “Ini sudah menjadi impian walau belum terwujud, perlu diketahui kalau ideologi masyarakat Papua untuk merdeka tidak akan patah hanya karena peluru,” ujarnya kepada wartawan disela-sela demo di Ekspo Waena, Kamis (16/10) kemarin. Kondisi itu selain adanya dukungan peluncuran parlement Inggris (15/10), juga akibat ketidakpuasan masyarakat Papua terhadap Indonesia selama ini. Bahkan, dukungan peluncuran parlement oleh negara lain untuk mendukungn Papua merdeka bukanlah hal baru, seperti telah dilakukan pihak luar negeri terhadap Timor Leste.

Pembentukan parlement intenasional untuk Papua ini, bertugas untuk menginternasionalisasi masalah-masalah Papua sebagai bahasan ditingkat dunia menyangkut kebenaran Papera yang sampai saat ini menjadi permasalahan.

Apakah ini salah satu perjuangan menuju Papua merdeka? Thoha tidak mengetahui précis, namun pastinya masyarakat Papua memiliki keinginan kuat untuk menentukan nasibnya sendiri.“ Jadi problem ini, problem sejarah,” singkatnya.

Menyikapi aksi demo yang dilakukan masyarakat dan mahasiswa, Thoha menjelaskan, hal ini merupakan hal yang biasa sebab, menyampaikan aspirasi merupakan hak setiap orang.“ Apsirasi hal yang biasa di republik yang belajar demokrasi ini,” katanya.

Sementara, Ketua Dewan Adat Papua (DAP) Forkorus Yoboisembut SPd mengatakan, aksi demo yang dilakukan untuk menarik perhatian masyarakat dunia sebagai luapan perasaan masyarakat Papua.

“ Apalagi, sekarang ini telah diluncurkan parlement internasional untuk Papua oleh Negara Inggris,” ujarnya.

Tampak dalam aksi demo kehadiran penjaga tanah Papua (Petapa) sekitar 30 orang tengah penjagaan massa yang berkumpul ditengah jalan raya dengan cara duduk. Tak

luput pula sekitar 4 SSK TNI serta 4 SSK Kepolisian dari Brimob dan jajaran Polresta Jayapura turut menjaga keamanan disekitar lokasi demo. (feri/islami)

Exit mobile version