Media Massa Diharapkan Tumbuhkan Suasana Kondusif

Dari Tatap Muka Kapolda Papua dengan Pers

JAYAPURA-Untuk kali pertama sejak menjabat Kapolda Papua, Irjen Pol Drs FX Bagus Ekodanto menggelar pertemuan tatap muka dengan para pimpinan media massa dan wartawan se-Jayapura di Mapolda Papua, Senin (30/6) kemarin.

Dalam pertemuan ini, Kapolda Bagus Ekodanto, berharap ke depan jalinan komunikasi yang ada antara pers dan Polri khususnya Polda Papua dapat terus terjalin dengan baik dan harmonis, sehingga setiap informasi yang diterima dan disebarluaskan kepada masyarakat betul-betul berita yang actual dan benar-benar sehingga pers mampu menciptakan suasana yang damai, serta suasana yang sejuk di dalam masyarakat.

"Saya harapkan, pers tidak mengeluarkan berita/pernyataan yang simpang siur (tidak terkoordinasi dan hindari pemberitaan yang bersifat provokatif)," ujar Kapolda Bagus Ekodanto dalam acara itu.

Kapolda menilai peran media massa harus secara aktif mengambil peran dalam upaya menumbuhkan suasana yang kondusif, sejuk di tengah-tengah masyarakat, dimana peran itu melalui 'pemberitaan yang berimbang, sehingga media akan turut mengurangi eskalasi konflik sekaligus mendorong langkah para pihak berkonflik di daerah ke upaya damai.

Untuk itu, lanjut Kapolda, pihaknya akan terus berbuat yang terbaik dan meningkatkan kualitas pelayanan Polri khususnya di Papua, sesuai tema peringatan Hari Bhayangkara tahun ini yakni 'Dengan Semangat Kebangkitan Nasional. Kita Lanjutkan Pembangunan Polri yang Profesional dan Dipercaya Masyarakat, sehingga pihaknya meminta dukungan dari seluruh masyarakat sehingga dapat mewujudkan harapan tersebut.

Kapolda mengatakan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polda Papua dan jajarannya secara umum dapat dikatakan terkendali dengan baik dan kondusif, meski masihterjadi beberapa gangguan kamtibmas, namun dapat ditangani dengan baik dan tuntas.

Pada umumnya, dapat mengantisipasi dan mengatasi setiap perkembangan ancaman/gangguan kamtibmas melalui upaya pembinaan dan penegakan hokum dengan mengedepankan upaya dialog dan persuasive, namun tetap tegas dalam arti tidak mentolelir setiap pelanggaran hokum yang terjadi sehingga situasi kamtibmas yang kondusif dapat dicapai.

Dalam menghadapi tahun 2008 ini, selain melaksanakan kegiatan operasional, Polda juga mempersiapkan kegiatan pembinaan dengan cara menetapkan visi, misi dan kebijakan strategis Kapolda Ppaua guna memelihara situasi dan kondisi kamtibmas yang kondusif, antara lain, visi Polda Papua yakni berupaya untuk mewujudkan Polri yang mampu menjadi pelindung, pengayom dan pelayan amsyarakat yang selalu dekat dan bersama-sama masyarakat serta sebagai aparat penegak hokum yang menjungjung tinggi supremasi hokum dan HAM serta misi Polda Papua antara lain memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat dengan tetap memperhatikan adat istiadat dan kondisi masyarakat setempat, memberikan bimbingan kepada masyarakat melalui upaya preemtif dan preventif dengan strategi perpolisian masyarakat dan lainnya.

Kapolda menghimbau kepada seluruh masyarakat Papau agar situasi tetap terjaga dengan baik dengan mewujudkan suasana yang tenang dan nyamandengan saling mengingatkan dan menjelaskan antar sesama warga masyarakat tentang bahaya miras demi terciptanya keamanan, ketertiban dan kedamaian di wilayah Papua, senantiasa meningkatkan toleransi dan kerukunan antar umat beragaman serta tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu maupun hasutan dan selebaran yang dilakukan oleh orang/oknum yang tidak bertanggungjawab yang ingin memecah persatuan dan kesatuan antar umat beragama, suku maupun ras, senantiasa menaga dan mengamankan rumah dan lingkungannya dengan berperan aktif melakukan pengamanan swakarsa.

"Dalam menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat, agar masyarakat selalu memperhatikan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, serta tidak mengkonsumsi miras dan narkoba karena dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain," imbuhnya.

Dalam tatap muka dengan pimpinan media massa ini, dihadiri juga Wakapolda Papua, Brigjen Pol Drs Prasetyo bersama sejumlah pejabat teras Polda Papua. Mewakili Ketua PWI, Frans Ohoiwutun mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan akan semakin terbina hubungan kemitraan yang lebih baik lagi antara Polda Papua dengan pers, dalam mewujudkan Papua daerah yang aman.

"Kami sangat menghargai sikap Kapolda Papua yang terbuka terhadap media massa dan melakukan kemintraan dengan pers, sehingga diharapkan situas dan kondisi di Papua semakin baik lagi," imbuhnya. (bat)

» ⟩ More and Related News

» ⟩ 5 Previous Entries Category: Otonomisasi
   
» ⟩ 5 More from Related Category: Uncategorized
   
» ⟩ 5 More Tagged:
  • No related posts found
   

Leave a Reply