1 Juli Bukan HUT OPM: Sekjend TRPB di Vanimo, PNG

Dengan ini Tentara Revolusi Papua Barat hendak menjelaskan satu skenario pengaburan sejarah oleh kolonial NKRI tentang Hari 1 Juli 1971.

Organisasi dan Perjuangan menuju Kemerdekaan Papua mulai bergerak sejak 1963-1964, bukan sejak 1 Juli 1971.

Oleh karena itu, kami membantu penjajah NKRI membetulkan salah kaprah selama ini, bahwa Hari dan tanggal 1 Juli BUKAN HUT OPM.

Yang Benar adalah HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Papua Barat yang dideklarasikan oleh Presiden OPM Seth Roemkorem bersama Ketua Senat Jacob Prai di Waris Raya, Papua Barat.

Oleh karena ada banya versi HUT Kemerdekaan, maka di era Revolusi ini, TRPB memilih menggunakan istilah Hari Besar Bangsa Papua untuk 1 Juli dan 1 Desember (1 Desember 1961).

Demikian kami sampaikan kepada kolonial NKRI dan bangsa Papua sekalian untuk mengetahui dan menjadi maklum adanya.

SELAMAT MERAYAKAN HARI BESAR BANGAS PAPUA
1 Juli 20008

SPMNews Crew
Menurut Pemberitahuan Per-Telepon oleh Sec.Gen. TRPB

One response to “1 Juli Bukan HUT OPM: Sekjend TRPB di Vanimo, PNG”

  1. Sudah banyak sekali hari-hari Papua Merdeka atau HUT Kemerdekaan dikampanyekan. Kita perlu belajar ulang, “Apa artinya HUT Kemerdekaan itu? dan Apa syarat suatu peristiwa dapat disebut sebagai Hari Kemerdekaan?”

    Yang jelas, 1 Desember 1961 tidak ada sebuah Proklamasi dari bangsa Papua, tetapi sebuah Maklumat untuk mempersiapkan Proklamasi Kemerdekaan pada 1 Juli 1070.

    OPM memproklamirkan kemerdekaan Republik Papua Barat di Waris Raya 1 Juli 1971, setahun setelah janji Belanda tidak dipenuhi, diproklamirkan oleh Presiden OPM dan Ketua Senat. Apakah ini sebuah Hari OPM? Padahal OPM telah lahir bertahun-tahun sebelum itu?

    Yang jelas rakyat Papua-lah yang berhak menentukannya, bukan organisasi atau tokoh Papua Merdeka.