Dewan Temukan Sejumlah Permasalahan di Kabupaten Pemekaran

Bupati dan DPRD Terkesan Jalan Sendiri-sendiri

JAYAPURA- Meski sebagian besar kabupaten pemekaran saat ini telah berjalan, tapi pemerintahannya masih banyak ditemukan masalah. Hal itu menjadi salah satu temuan anggota DPRP ketika melakukan peninjauan ke sejumlah kabupaten pemekaran di Papua belum lama ini.

Ketua Komisi A DPRP Yance Kayame, SH mengungkapkan, di sejumlah kabupaten pemekaran yang didatanginya, sistem pemerintahannya berjalan baik, tetapi banyak kekurangan yang terjadi. Diantaranya, hubungan instansi di pemerintah kabupaten dengan legislatif (DPRD) terkesan kurang baik.

Hal ini terlihat dari tidak sinkronnya antara legislatif dan eksekutif dalam hal pembuatan Perda – Perda, keduanya terkesan jalan masing-masing. “Yang kami lihat seperti itu, secara administrasi memang berjalan baik, hanya saja bupati dan DPRD perlu membangun koordinasi yang baik karena keduanya adalah mitra,”katanya serius.

Selain itu, koordinasi dalam hal pembuatan penyusunan APBD hingga dalam menjalankan fungsi masing-masing baik pengawasan, pengontrolan dan menjaring aspirasi masyarakat dengan program daerah hendaknya diintegrasikan secara baik sehingga dari sana pembentukan wajah otonomi daerah dan pemerintah daerah dapat terwujud dengan selaras.

Termasuk di dalamnya masih kurangnya aparat perangkat daerah, masih perlu dibenahi secara baik. Karena yang terlihat, banyak ditemukan di sejumlah kabupaten ada pegawai negeri yang sudah menjabat sebagai pejabat eselon II dan III meski belum memenuhi persyaratan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, pejabat – pejabat yang baru ini perlu dibimbing dengan sebaik-baiknya dalam rangka membangun kinerja yang lebih baik.(ta)

Exit mobile version