Pemerintah Vanuatu Dukung Negara Kesatuan RI

TEMPO Interaktif, Jakarta: Pemerintah Vanuatu mendukung negara kesatuan Republik Indonesia. “Kehadiran satu, dua warga Papua di Vanuatu tidak serta merta diartikan sebagai pendukung kemerdekaan,” kata Menteri Hassan Wirajuda di JCC Selasa saat penandatangan MoU kerja sama bilateral dengan Pemerintah Vanuatu.

Pertemuan setingkat menteri dengan Deputy Prime Minister dan juga sebagai Menteri Luar Negeri Vanuatu Sato Kilman. Menurut Hassan Vanuatu tidak menginginkan kehadiran orang Papua asal RI ke Vanuatu tidak menjadi penghalang hubungan antara Indonesia dengan Vanuatu.

“Vanuatu akan melakukan hal yang Vanuatu bisa lakukan untuk menjalin hubungan dengan Indonesia terkait adanya warga Papua di negaranya,” Kata Hassan Wirajuda mengutip perkataan Menteri Luar Negeri Vanuatu

Vanuatu, lanjut Hassan, sangat antusias untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan Indonesia.

Hassan juga mengingatkan dan harus ada kehati-hatian jangan sampai kehadiran warga Papua di negara Vanuatu bisa menjadi faktor pengganggu hubungan RI- Vanuatu.

Hassan mengatakan tidak ada pertemuan rutin warga Papua di Vanuatu yang mendukung kemerdekaan Papua. “Pemerintah sekarang (di Vanuatu) mempunyai komitmen pentingnya menjalin hubungan dengan Indonesia,” katanya.

Rudy Prasetyo

Exit mobile version