Menko Polhukam: Pernak-pernik Bintang Kejora Juga Separatisme

Ramdhan Muhaimin - detikNews

Jakarta - Simbol Bintang Kejora tidak sebatas dalam bentuk bendera. Temuan Komisi I DPR memperlihatkan adanya simbol atau logo Bintang Kejora dalam bentuk pernak-pernik kerajinan tangan. Menko Polhukam Widodo AS menegaskan pernak-pernik merupakan upaya separatisme yang melanggar UU.

"Dalam PP 77 tahun 2007 tentang penggunaan lambang dan simbol-simbol daerah ada larangan-larangan tentang penggunaan simbol-simbol yang bersifat separatis dalam apa pun bentuknya," ujar Widodo dalam rapat kerja (raker) dengan Komisi I DPR, Senayan, Jakarta, Senin (24/3/2008).

Pernyataan Widodo menanggapi pertanyaan Komisi I yang mempertanyakan masih dijumpai lambang Bintang Kejora dalam bentuk selain bendera yakni pernak-pernik, apakah itu termasuk kategori upaya separatisme atau bukan.

Widodo menegaskan, masyarakat yang membuat dan menjual kerajinan tangan seperti pernak-pernik Bintang Kejora akan diambil tindakan persuasif.

"Kalau ada masyarakat yang membuat pernak-pernik seperti itu, kita akan langsung berdialog. Kalau perlu diganti modal mereka supaya tidak menjual," jelas Widodo.
(nik/nrl)

Comments

comments

» ⟩ More and Related News

» ⟩ 5 More from Related Category: Papua Merdeka
   
» ⟩ 5 More Tagged:
  • No related posts found
   

Leave a Reply

» ⟩ Related News, Web, Images, Videos, Books from Google
Loading
 
Berita terkait dari Google.com berdasarkan kata-kata dalam juduil berita.