Gerakan Riau Merdeka Latih 20.000 Tentara di Malaysia

 

BangkitOnline – http://bangkitonline.litbot.com

Reporter: Lukmanul Hakim

detikcom – Jakarta, Gerakan Riau Merdeka (GRM) menyatakan siap memerdekakan diri dan lepas dari Indonesia. Kesungguhan niat mereka itu ditunjukkan dengan telah dibentuknya pasukan bersenjata GRM. “Pasukan yang di Riau mendapat pelatihan dari GAM,” kata Mohammad Sabri yang mengaku sebagai Panglima Perang GRM.

Pernyataan Sabri itu disampaikan melalui surat yang dikirim ke detikcom. Dan, setelah dikonfirmasi sekitar pukul 21.00 WIB, Jum’at (30/06/2000, menyatakan bahwa GRM memang sedang melatih pasukan. Tapi, dia mengaku belum bisa mendeklarasikan secara terbuka. Hal ini disebabkan ada masalah teknis saja. “Para tokoh pendukung belum bisa berkumpul” kata Sabri menegaskan.

Selain memiliki pasukan perang, Sabri juga menyatakan bahwa GRM secara resmi telah mengangkat tokoh gerakan Riau Merdeka asal Suku Sakai, Tabrani Rab sebagai Presiden Republik Demokratik Riau.

Menurut Sabri, saat ini GRM sudah memiliki 20 ribu pasukan siap tempur bersenjata lengkap. Pasukan ini direkrut dari masyarakat Riau sendiri. Namun Sabri tidak mau mengatakan apakah ada keterlibatan pihak asing untuk melatih dan membiayai pasukan tersebut. “Kami tidak bisa menyampaikan hal-hal yang bersifat rahasia negara,” tegasnya. Namun diakui pelatihan pasukan itu ada keterlibatan dari GAM.

Dikatakan juga pasukan tersebut sebagian ditempatkan di Riau dan sebagian di Malaysia. Namun menurutnya pasukan ini belum mempunyai seragam khusus.

Rencana deklarasi pasukan perang GRM akan disampaikan secara terbuka kepada masyarakat luas sekitar satu dua hari lagi. “Kemungkinan kita umumkan lusa. Saat ini tidak bisa karena ada masalah di Malaysia” katanya memberi alasan.

Sabri menjelaskan alasan penyampaian kabar GRM itu dilakukan di Malaysia
karena banyak tokoh-tokoh pendukung GRM sudah berdomisili di sana. Namun
demikian mereka masih terus memikirkan Riau.

“Walaupun kami di Malaysia kami tetap memperdulikan kampung kami,” tambahnya. Sabri membantah penyampaian dari Malaysia karena khawatir akan ada tekanan dari pemerintah Jakarta. “Ngga, kami tidak khawatir akan pemerintah Jakarta,” tegasnya.

Sementara itu penunjukkan Prof. Tabrani Rab sebagai calon presiden negara Riau diakui sudah sepengetahuan Tabrani. Penunjukkan tersebut sudah dilakukan sejak pertama kali diluncurkannya niat Merdeka. “Sudah, itu sudah sepengetahuan beliau,” tegas Sabri.

Namun demikian saat ditanya kesediaan apakah Tabrani bersedia untuk dicalonkan sebagai Presiden Negara Riau, Sabri menyatakan belum sempat membicarakanya. “Beliau belum sempat menjawab penunjukkannya karena pada waktu itu beliau harus meninggalkan Riau,” jawab Sabri. Ia pun menyatakan saat ini sebagian besar masyarakat Riau sepakat akan penunjukan Tabrani itu. (sap)


Email all postings in plain text (ascii) to apakabar@radix.net
INDONESIA-L – <http://www.indopubs.com/archives>
INDONESIA-NEWS – <http://www.indopubs.com/parchives>
INDONESIA-VIEWS – <http://www.indopubs.com/varchives>
INDONESIA-POLICY – <http://www.indopubs.com/tarchives>
INDONESIA-DOCS – <http://www.indopubs.com/darchives>
SEARCH CURRENT POSTINGS – <http://www.indopubs.com/search.html>
SEARCH YEAR 2000 POSTINGS – <http://basisdata.esosoft.net>
SEARCH 1990-1999 POSTINGS – <http://basisdata.esosoft.net/search-all.html>
RETURN TO Mailing List & Database Center – <http://www.indopubs.com>

Exit mobile version