Menyikapi Secara Tegas Penembakan oleh OPM di Papua

- Di Indonesia, sebenarnya kurang jelas mengapa kita membohongi diri sendiri mengatakan Papua aman

Jakarta - Seperti telah dibuat assessment oleh beberapa kalangan di sejumlah artikel di berbagai media massa, bahwa kita suka membohongi diri sendiri, menyebut beberapa kali gagguan bersenjata yang berulang kali terjadi di Papua adalah unsur kelompok sipil bersenjata. Sedangkan di dalam masyarakat aktivitas politik OPM dilakukan oleh kelompok yang menyebut dirinya KNPB.

Kita senang membohongi diri sendiri bahwa situasi aman, padahal jelas kita masih menghadapi kelompok separatis OPM yang untuk penangannannya harus dilakukan kampanye militer yag berlanjut.

Kasus penembakan di kawasan Freeport yang kini oleh Kapolda Papua diakui sebagai kelompok OPM yag menyebut dirinya Kelompok Kali Kopi sebaiknya dapat digunakan oleh Pemerintah dan TNI serta Polri di Jakarta mengubah strategi dan taktik yang digunakan untuk sepenuhnya mengamankan Papua.

Seperti pemberitaan pada 12 Desember 2013, Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Tito Karnavian menuding Kelompok Kali Kopi sebagai dalang di balik serangkaian penembakan yang terjadi berturut-turut selama tiga hari pada awal pekan ini di Jalan Tambang PT Freeport Indonesia (FI).

"(Pelakunya kelompok Kali Kopi), kelompok lama yang juga terlibat dalam serangkaian penembakan di area tambang PT FI pada 2009," kata Tito, Rabu (11/12/2013) malam. Dia mengatakan saat itu korban jiwa yang jatuh mencapai belasan orang. Tito memaparkan, pola aksi kelompok ini adalah hit and run. "Hanya tembak-menembak sebentar terus pergi," kata dia.

Karena medannya hutan, imbuh dia, para pelaku ini dapat muncul di mana saja. Menurut Tito, kelompok Kali Kopi tak punya banyak anggota. "Paling 8 sampai 10 orang (anggota). Senjatanya juga tak banyak," ujar mantan Komandan Detasemen Khusus Antiteror 88 Mabes Polri ini.

Lokasi yang menjadi sasaran penembakan merupakan penghubung antara Timika dengan Tembagapura. Menyusul rentetan tembakan selama tiga hari berturut-turut itu, Tito menggelar pertemuan bersama PT FI dan jajaran TNI di Mimika

Comments

comments

 
» ⟩ 5 More Tagged:
  • No related posts found
   
» ⟩ Related News, Web, Images, Videos, Books from Google
Loading
 
Berita terkait dari Google.com berdasarkan kata-kata dalam juduil berita.
   

Leave a Reply