Segala Pengorbanan Selama Lebih dari Setengah Abad ini Hanya Berhenti Gara-Gara Orang Pengunungan Tengah Papua Jadi Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua?

- Catatan Leut. Gen. TRWP Amunggut Tabi lewat SMS kepada PMNews

Menyertai lanjutan petikan wawancara PMnews dengan Tentara Revolusi West Papua (TRWP) 18 April 2013 <http://papuapost.com/?p=7400>, maka kami lampirkan catatan 7 SMS berturut-turut yang disampaikan kepada redaksi PMNews.

Dalam SMS pertama tertulis: "Apakah semua pengorbanan orang Papua dari gunung sampai ke laut, dari generasi dulu sampai sekarang, dari waktu, harta sampai nayawa hanya kita hentikan gara-gara orang gunung jadi Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua?"

Dalam SMS kedua tertulis dan ketiga: "Ingat bahwa orang gunung pertama yang jadi Gubernur Provinsi Papua ialah Jaap Solossa bukan Lukas Enembe dan Klemen Tinal, cuma waktu itu Jaap Solossa tidak berpasangan dengan rekannya sendiri dari gunung sehingga nada nyanyiannya tidak nyaring kedengaran sampai ke tengah laut dan ke puncak gunung"

SMS keempat tertulis: "Kalau semua Jenderal yang bergerilya di Rimba Raya New Guinea, yang mayoritas orang gunung itu hanya berjuang untuk jadi Gubernur, maka betapa bodohnya mereka itu? Untuk jadi gubernur ya tidak usah cari mati di tengah hutan dan baku tembak kiri-kanan. Sebaiknya mereka masuk aman-aman saja, bukan?"

SMS terakhir berupa 3 SMS: "Sekarang gubernur Papua juga mau berdialogue dengan OPM. Ya, silahkan saja, OPM itu ada di mana, kantornya di mana? TPN/OPM ada di mana, Lukas Enembe tahu. Kalau Organisasi Papua Merdeka dan Tentara Revolusi West Papua tidak semudah itu diajak seorang Gubernur Kolonial. Ia secara darah-daging dan suku ialah anak bangsa, tetapi ingat, ia tidak bicara atas nama suku dan untuk sukunya, ia tidak bicara atas nama  pribadi. Ia bicara atas nama bangsa lain, apalagi ia bicara dalam rangka melayani kaum penjajah. Kalau sampai di situ, semua orang tahu, hewan dan tumbuhan, batu-batu dan tanahpun tahu, sangat tidak wajar menukar semua pengorbanan ini hanya dengan hadiah menjadi gubernur Provinsi Papua. Betapa hinanya harga diri, martabat dan nilai pengorbanan ini."

Enhanced by Zemanta

Comments

comments

 
» ⟩ 5 More Tagged:
  • No related posts found
   
» ⟩ Related News, Web, Images, Videos, Books from Google
Loading
 
Berita terkait dari Google.com berdasarkan kata-kata dalam juduil berita.
   

Leave a Reply