Manifest Politik West Papua

MANIFEST

Kami jang bertanda tangan di bawah ini, penduduk Tanah Papua Bahagian Barat terdiri dari berbagai golongan, suku dan agama merasa terikat dan bersatu padu, satu bangsa dan satu tanah air :

MENYATAKAN :

Kepada penduduk sebangsa dan se tanah airi bahwa :
I. Berdasarkan pasal 37 Piagam Perserikatan Bangsa - Bangsa bahagian a dan b ;

II. Berdasarkan maklumat akan kemerdekaan bagi daerah - daerah jang belum berpemerintahan sendiri, sebagai termuat dalam Resolusi yang diterima oleh sidang Pleno Perserikatan Bangsa - Bangsa dalam sidang ke 15 dari 20 September 1960 sampai 20 Desember 1960. No. 1514 (XV);

III. Berdasarkan Hak mutlak dari kitanpenduduk tanah Papua bahagian Barat atas tanah air kita ;

IV. Berdasarkan hasrat dan keinginan bangsa kita akan kemerdekaan kita sendiri;
maka kami dengan perantaraan Komite Nasional dan Badan Perwakilan Rakyat kita Nieuw Guinea Raad mendorong Gubernemen Nedrlands supaya mulai dari 1 November 1961 :
a. Bendera kami dikibarkanndi samping bendera Belanda Nederlands:
b. Nyanyian Kebangsaan kita ( Kami ) " Hai Tanahku Papuam" dinyanyikan di samping Wilhemus z;
c. Nama tanah kami menjadi Papua Barat dan
d. Nama bangsa kami menjadi Papua.

Atas dasar-dasar ini kami bangsa Papua menuntut untuk mendapat tempat kami sendiri. Sama seperti bangsa-bangsa merdeka dan di antara bangsa - bangsa itu kami bangsa Papua ingin hidup sentosa dan turut memelihara perdamaian dunia.
Dengan manifest ini kami mengundang semua penduduk jang mencintai tanah air dan bangsa kita Papua menyetujui Manifest ini dan mempertahankannya. Oleh karena inilah satu - satunya dasar kemerdekaan bagi kita bangsa Papua.

Holandia, 19 Oktober 1961

W. Inauri, D. Sarwom, F. Poana, A. Onim, F.J.S Rumainum, E. Itaar, M. Suwae, J.S. Dekeniap. S.L. Rumadas, T.S. Akwan, H. Jomungga, M. Berotabui, F.Torey, M.W. Kaisepo, J.J. Rumbiak, J. Jaab, M. Ongge, P.H. Jochu, Iz. Manufandu, M. Wai, N. Jouwe, H. Mori Muzendi, P. Koejab, W. Songgonao, F. Jufuway, A.J.A. Runtuboy, E. Noembery, B. Gebse, Th. Meset, J.E. Bonay, N. Tanggahma, H.I. Bauw, Sp. Malibela, T. Dansidan, W. Giay, Nemnay, A. Sefa. J. Manory, L. Ajamiseba, M. Rumainum.
( 12 lainya tak dapat di baca ). disalin dari buku : Manifest Politik Komite Nasional Papua ; Risalah Perdebatan di Nieuw Guinea Raad 30 Oktober 1961 / Penyunting : Alexander L. Griapon.

Comments

comments

 
» ⟩ 5 More Tagged:
  • No related posts found
   
» ⟩ Related News, Web, Images, Videos, Books from Google
Loading
 
Berita terkait dari Google.com berdasarkan kata-kata dalam juduil berita.
   

Leave a Reply