Papua, Papua Barat dan West Papua: Apa Artinya?

- Apa arti sebenarnya dari ketiga istilah ini?

The Collective Editorial Boards (CEB) dari Online Papua Mouthpiece (OPM) merasa perlu memberikan pencerahan terhadap tiga istilah yang selama ini digunakan oleh bangsa Papua yang mendiami wilayah bagian Barat dari Pulau New Guinea: yaitu

  1. Papua;
  2. Papua Barat; dan
  3. West Papua.

Arti sebenarnya dari ketiga istilah ini perlu dicerahkan guna membantu "konsepsi berpikir" dan "berwacana" dalam menggunakan ketiga istilah sehingga tidak menimbulkan kerancuan ataupun tidak melanggar identitas yang sebenarnya. Hal ini penting mengingat apa yang terkonsepsi dalam pemikiran kita dan terucap dalam perkataan menunjukkan wawasan berpikir kita dalam merujuk kepada identitas manusia dan wilayah kediamannya dari perspektiv politik, geografis dan sosiobudaya.

1. Apa artinya "Papua"?

"Papua" ialah nama bangsa, sebagai bawahan dari nama identitas "Melalanesia" pada tingkatan ras. Ras Melanesia dan kelompok etnik Papua atau bangsa Papua.

Bangsa Papua mendiami pulau New Guinea, mulai dari Sorong sampai Samarai.

Organisasi Papua Merdeka (OPM) berarti organisasi dari orang Papua di pulau New Guinea yang memberjuangkan kemerdekaannya dari kaum penjajah. Jadi, ia mengandung konsepsi berpikir bahwa:

  • Organisasi ini milik bangsa Papua yang hidup di pulau New Guinea;
  • Bangsa Papua belum merdeka secara penuh, karena sebagian wilayah mereka masih dijajah, oleh karena itu bangsa Papua menuntut dan memperjuangkan kemerdekaannya. Implikasinya orang dari bagian Barat West Papua tidak harus dan tidak tepat kalau merasa bahwa OPM ialah milik orang Papua di bagian Barat New Guinea. Konsepsi berpikir ini tidak mewakili arti sebenarnya dari kata Papua dan konsepsi politik yang sempit.
  • OPM ialah milik bangsa Papua, dipimpin oleh orang Papua di pulau New Guinea (PNG dan West Papua);

Di dalamnya terdapat konsepsi "Nasionalisme Papua", yaitu rasa kebangsaan dari suku-suku yang ada di Pulau New Guinea. Jadi, kita harus melihat "Papua" secara utuh, secara realistis dan secara adil, karena kalau orang di West Papua memanggil diri mereka bangsa Papua, maka bangsa apakah orang-orang yang serumpun di pulau yang sama di bagian Timur pulau ini?

2. Apa Artinya "Papua Barat"?

Dalam banyak pernyataan dan wacana orang Papua di pulau New Guinea bagian Barat selalu menjayatan "Bangsa Papua Barat". Selain itu istilah "Papua Barat" juga dipakai oleh kolonial NKRI mengkaitkannya dengan provinsi yang mereka bentuk, yaitu bagian Kepala Burung (atau lebih tepat Kepala Kangguru) pulau New Guinea.

Kalau kita menyatakan bangsa yang hendak merdeka ini ialah bangsa "Papua Barat", maka ia bertolak belakang dengan nama organisasi induk perjuangan kemerdekaan West Papua, yaitu OPM (Organisasi Papua Merdeka), karena organisasi ini tidak mengandung arti sebuah organisasi untuk kemerdekaan orang-orang Papua di West Papua saja, tetapi bermaksud untuk kemerdekaan bangsa Papua di pulau New Guinea karena kemerdekaan bangsa Papua di bagian Barat pulau ini berarti kemerdekaan bagi sekalian bangsa Papua ras Melanesia di pulau ini.

Papua Barat selama ini telah dikenal oleh nasionalis Papua sebagai sebuah wilayah di bagian Barat dari pulau New Guinea. Dalam kaitan dengan ini maka istilah "Papua Barat" sering diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai "West Papua".

3. Apa artinya "West Papua"?

"West Papua" secara umum diartikan sebagai terjemahan ke dalam Bahasa Inggris dari istilah dalam bahasa Melayui "Papua Barat" seperti dijelaskan di atas. Akan tetapi secara politis dan hukum internasional istilah ini perlu diperhatikan dan dimaknai dalam memperjuangkan aspirasi kemerdekaan bangsa Papua.

Secara hukum internasional dan menurut Undang-Undang Revolusi West Papua (yang dapat diakses dengan mengirim permohonan ke bwenda@infopapua.org atau papua@papuapost.com). Menurut UU Revolusi West Papua dimaksud, nama negara ialah West Papua, sebagaimana tercantum di dalam Lambang Negara (State Seal) Burung Mambruk, yang ditulis dengan semboyan "One People - One Soul" dalam Bahasa Inggris dan nama negara "West Papua" juga dalam bahasa Inggris. Dengan ini perlu kita perjelas apa maksud nama Negara West Papua.

4. Apa artinya nama negara "West Papua"?

Nama negara "West Papua" artinya nama negara itu ialah "West Papua", bukan nama terjemahan ke dalam Bahasa Inggris, dan dengan demikian tidak dapat diterjemahkan ke dalam Bahasa Melayu pula. Nama "West Papua" sebagai nama negara bukan diterjemahkan dari Bahasa Melayu "Papua Barat" tetapi dari aslinya namanya memang "West Papua".

Oleh karena itu TEPATLAH sekali Komite Nasional Papua Barat mensosialisasikan dan membentuk Parlemen Nasional West Papua, bukan Parlemen Nasional Papua Barat. Karena dari sononya, Komite Nasional juga bernama West Papua National Committee, bukan Papua National Committee atau Komite Nasional Papua Barat.

 

CEB-DoOPM

20 September 2012

Comments

comments