DAP Paniai Luncurkan Buku dari PETI Menuju WPR

RADARPAPUA.COM, Jayapura – Dewan Adat Papua (DAP) wilayah Paniai, Nabire, Papua, meluncurkan sebuah buku bertajuk dari Penambangan Tanpa Ijin (PETI) menuju wilayah Pertambangan Rakyat (WPR).

Buku tersebut bertolak dari sejumlah masalah yang masih terjadi di kawasan Degeuwo, Kabupaten Paniai, Nabire. “Saya dan teman-teman berusaha menulis buku ini untuk membantu menyelesaikan segudang masalah yang sampai saat ini menimpa warga Degeuwo,” kata Jhon Gobai, ketua Dewan Adat Paniai sekaligus penulis.

Jhon menilai, persoalan pendulangan (penambangan) emas di sungai Degeuwo, ibarat kerikil dalam sepatu Pemerintah Daerah Panai.

Segudang masalah di kawasan pendulangan penambangan illegal Degeuwo diantaranya, tumpang tindih peraturan dan surat keputusan menteri terkait ijin operasi penambangan, banyak tempat hiburan malam yang berisi Pekerja Seks Komersil (PSK) serta pengadaan minuman keras secara bebas.

Bukui ini dibagi menjadi enam bagian. Bagian pertama, mengurai panjang lebar soal permasalahan dan harapan. Bagian kedua, mengarahkan warga belajar dari sejarah pertambangan rakyat di daerah lain di Indonesia.

Bagian ketiga membahas sejumlah kebijakan yang berkaitan dengan Wilayah Pertambangan Rakyat. Pembahasan keempat menjelaskan soal pertambangan rakyat di Degeuwo.

Bagian kelima soal dukungan terhadap pertambangan rakyat. Bagian terakhir (keenam) membahas pengembangan pertambangan menjadi WPR. Selain sebagai upaya penyelesaian masalah, kehadiran bukui tersebut diharapkan juga sebagai salah satu argumentasi Dewan Adat Papua khususnya di wilayah Paniai.

Sekretaris Umum Dewan Adat Papua, Leo Imbiri menambahkan, buku tersebut merupakan upaya DAP setempat untuk memperjuangkan masyarakat-masyarakat adat Degeuwo.

“Buku ini menjadi suatu masyarakat untuk menjadi tuan di negeri sendiri,” kata Leo sembari menambahkan sebagai upaya untuk menyelamatkan aset alam milik masyarakat adat setempat. (ma)
Written by Editor, Created on Monday, 28 January 2013 10:21, RP

Enhanced by Zemanta

Comments

comments

 
» ⟩ Related News, Web, Images, Videos, Books from Google
Loading
 
Berita terkait dari Google.com berdasarkan kata-kata dalam juduil berita.
   

Leave a Reply