KNPB: Referendum Yes, Pilgub No

- KNPB Menuntut Referendum & Menolak Pemilihan Gubernur

JAYAPURA - Tahapan Pelaksanaan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua untuk periode 2012-2017 yang dilaksanakan oleh Pansus Pilgub DPR Papua maupun oleh KPU Papua, mendapat penolakan keras dari Komite Nasional Papua Barat (KNPB). Mereka mengisyaratkan , Pilgub Papua bisa dilaksanakan asal proses pelaksanaan referendum bagi Papua Barat terlebih dahulu harus dilakukan. “Referendum Yes, Pilgub No,”.

Demikian dikatakan Ketua Umum (Ketum) KNPB, Buchtar Tabuni saat ditemui Bintang Papua usai melakukan konvoi dan long march yang diikuti 300-an massa KNPB dengan menggunakan roda dua maupun roda empat dari Waena hingga Kota Jayapura, Sabtu (19/5). Konvoi massa itu sebagai bentuk penolakan mereka terhadap proses tahapan Pilgub Papua yang sementara ini dilakukan oleh Pansus DPR Papua. Untuk itu, Buchtar Tabuni mendesak kepada Pemerintah Indonesia melalui KPU Papua maupun Pansus Pilgub DPR Papua untuk segera menghentikan segala bentuk proses pelaksanaan Pilgub Papua untuk periode 2012-2017 ini di seluruh Tanah Air Papua Barat, sebelum menjawab aspirasi politik dari rakyat Bangsa Papua Barat selama ini yang menuntut referendum bagi Bangsa Papua Barat. “Jadi harus menjawab dahulu tuntutan dari rakyat Bangsa Papua Barat, dan setelah itu baru bisa dilaksanakan proses Pilgub Papua sebab kami ingin status dari Papua Barat itu harus jelas apakah Papua Barat itu berada di Pangkuan NKRI atau sebaliknya. Dimana selama ini kami menganggap Papua Barat ini belum menjadi bagian dari NKRI, atau NKRI ini berada di Papua Barat ini illegal,” tegasnya.

Ditambahkan, “Kami dengan tegas mengharapkan jawab dulu aspirasi politik Bangsa Papua Barat terkait tuntutan untuk referendum, sebelum adanya pelaksanaan Pilgub Papua, baik itu pendaftaran, verifikasi maupun kampanye di seluruh Tanah Air Papua Barat,” pungkasnya. (mir/don/l03)

Comments

comments

» ⟩ More and Related News

» ⟩ 5 More from Related Category: Papua Merdeka
   
» ⟩ 5 More Tagged:
  • No related posts found
   

Leave a Reply

» ⟩ Related News, Web, Images, Videos, Books from Google
Loading
 
Berita terkait dari Google.com berdasarkan kata-kata dalam juduil berita.